Roof Garden untuk Rumah di Perkotaan

alt

Rumah-rumahan.com- Padatnya bangunan di perkotaan membatasi masyarakat di dalamnya dalam menghadirkan ruang untuk tanaman yang layak. Padahal penghijauan di dalam rumah tidak kalah penting untuk membuat kesan rumah menjadi asri. Tapi jangan khawatir untuk Roomate yang memiliki rumah di kawasan perkotaan atau dengan lingkungan yang kurang hijau. Ada satu cara yang dapat Roomate terapkan untuk menambah keasrian tempat Roomate tinggal dengan lahan yang terbatas, salah satunya dengan Roof Garden atau taman di atap rumah. Alternatif penghijauan di wilayah perkotaan ini dapat Roomate lakukan dengan memanfaatkan area atap yang kosong.

Namun sebelum membuat taman ini, ada beberapa tips  yang perlu Roomate ketahui agar taman kecil di atap rumah Roomate berfungsi dengan baik.

1. Pot

Menggunakan pot adalah solusi sederhana jika Roomate tidak berencana untuk menggunakan atap sebagai alas untuk menanam tanaman. Pilih tanaman yang tidak cepat besar dan tahan terhadap paparan sinar matahari langsung agar aman saat di letakkan di atap rumah. Manfaatkan juga tanaman berbunga untuk mempercantik suasana taman.

 

2. Waterproofing

Jika Roomate berencana untuk menjadikan atap sebagai alas untuk tanaman, perhatikan hal-hal berikut sebelum mulai menanam:

●        Melapisi dengan waterproofing. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama. Roomate harus membiarkannya benar-benar kering agar tidak terjadi kebocoran.

●        Aci atau pelapisan semen. Proses ini kurang lebih memerlukan waktu proses pengeringan selama 24 jam.

●        Melapisi dengan drainage cell (penahan air) dan geotextile (penahan tanah).

●        Instalasi air bersih dan air kotor. Mintalah bantuan kepada ahli bangunan untuk membantu membuat instalasi air.

 

Struktur atap adalah hal yang juga penting untuk diperhatikan. Atap harus terbuat dari beton dengan konstruksi cor beton dan besi berukuran 8mm serta memiliki kemiringan sebesar 20-30 derajat.

  • Selasa, 25 Oktober 2016
  • Category: Garden